Posted by Yesaya Telaumbanua about 8 months ago in PSIKOLOGI

Menelisik Makna Mimpi, Sebagai Alarm Kondisi Tubuh

Mimpi merupakan bunga tidur. Setiap manusia mengalami mimpi setiap malam, yang dimana mimpi tersebut bermacam - macam. Pernahkah Anda bermimpi terbang melayang ? Atau mimpi dikejar - kejar hantu ? Sebenarnya apakah mimpi itu ? Bagaimana mimpi bisa terjadi ?

Menurut bapak Psikoanalisa, Sigmund Freud, mimpi adalah sebuah interpretasi alam bawah sadar yang abstrak terhadap alam sadar. Interpretasi ini menyangkut keinginan, ketakutan, dan beragam emosi lainnya yang dirasakan di alam sadar. Menurut Freud, mimpi memiliki makna, yang dimana makna tersebut dapat diketahui melalui teknik analisa mimpi. Mimpi itu sendiri ada dua, yakni manifest content,  yaitu sebuah gambaran mimpi yang dapat dilihat secara langsung, dan latent content, yaitu sebuah gambaran dari keinginan atau pikiran yang tidak kita sadari.

Freud juga menyatakan bahwa mimpi merupakan tempat dimana emosi kita yang tidak terealisasikan di alam sadar, dapat dikeluarkan dengan baik di alam bawah sadar, dengan kata lain, mimpi adalah sebuah arena dimana kita dapat melakukan apapun sesuka kita terhadap suatu keadaan atau objek.

Sekarang, bagaimana kita dapat mengetahui arti mimpi ?

Contohnya, jika kita bermimpi ada air yang berombak atau beriak - riak, itu dapat diartikan sebagai emosi kita yang sedang tidak stabil, atau bermimpi kamu dikejar - kejar hantu, yang dapat diartikan anda sedang mengalami tekanan ?

Menurut Freud, itu adalah simbolisasi. Simbolisasi merupakan salah satu dari latent content yang disebutkan diatas. Simbolisasi ini menarik karena hal ini adalah salah satu interpretasi dari emosi kita. Emosi - emosi yang disimbolisasikan sedemikian rupa ini menggambarkan apa  yang sebenarnya sedang terjadi pada diri kita ? Apa sebenarnya yang terjadi pada perasaan kita terhadap suatu hal ? Nah ini semua merupakan cara bagi alam bawah sadar kita untuk memberikan informasi kepada kita tentang keadaan kita

Ada juga yang namanya kondensasi. Pernah dengar ada seorang musisi atau seseorang menulis novel karena mimpi ? Hal ini merupakan hasil dari unsur mimpi lainnya yaitu kondensasi. Kondensasi adalah sekumpulan ide - ide yang muncul dalam mimpi kita yang tidak kita sadari sebenarnya tersimpan di dalam alam bawah sadar kita. Alam bawah sadar kita disini sedang mengatakan, "Kemarin anda begini, anda sudah pernah mengalami seperti ini, lalu mengapa anda tidak melakukan ini."

Nah, jadi sekarang kita tahu kalau mimpi itu tidak selamanya merupakan hal gaib. Mimpi adalah cara alam bawah sadar kita untuk membantu kita dalam menetralisir emosi kita dan dapat memberikan efek menyehatkan bagi pikiran kita lho, menarik bukan ?