Posted by Harry Rezqiano about 2 months ago in Culinary Pleasure

Themed-Cafe "Cardcaptor Sakura: Clear Card" Dibuka Di 3 Kota Jepang

Franchise populer dari mangaka Jepang berpengaruh CLAMP, Cardcaptor Sakura, adalah nama besar di industri hiburan Jepang. Tak heran jika judul ini memiliki barisan fans setia yang siap mengeluarkan uang mereka untuk men-support.

Publisher Cardcaptor Sakura baru saja membuka themed-café di tiga kota besar Jepang yaitu Tokyo, Osaka dan Sapporo mulai 6 February 2018.

Sama seperti themed-café lain yang sudah lebih dulu muncul, themed-café Cardcaptor Sakura ‘menumpang’ lokasi. Yang jadi lokasi Cardcaptor Sakura Café adalah Tower Records Japan. Tower Records Japan merupakan retailer CD dan buku terkemuka di Jepang. Tadinya merupakan bagian franchise Amerika, kini Tower Records Japan berdiri sendiri dan lepas dari manajemen Tower Records yang ada di Amerika Serikat. Tower Records Japan sendiri memiliki 83 toko yang tersebar di seluruh Jepang, dengan toko di Shibuya Tokyo sebagai toko induk. Konon toko ini juga merupakan toko CD terbesar di seluruh dunia. Di tengah gempuran musik dan buku digital, Tower Records Japan masih setia dengan format basic seperti CD dan buku kertas.

Tower Records Japan di Shibuya juga punya café di lantai dua, dan di lokasi itulah themed-café Cardcaptor Sakura Café digelar. Tentu saja selain interior dan eksterior café yang penuh nuansa Cardcaptor Sakura, menu makanan dan minuman yang juga memiliki ciri khas dari manga dan anime Cardcaptor Sakura.

So… Bagaimana menu di Café bertema Cardcaptor Sakura ini?

Tentu saja kita dapat berharap kalau makanan dan minuman yang tersedia akan bernuansa Cardcaptor Sakura, bukan? Sudah pasti. Dan deretan menu yang tersedia tidak mengecewakan. Rata-rata harga minuman di café ini adalah 750 Yen (sekitar Rp.94.500,-) sementara harga desserts 1.100 Yen (sekitar Rp.148.500,-) & hidangan makanan di 1.400 Yen atau sekitar Rp.175.500,-

Apakah harga-harga itu kemahalan? Untuk seorang yang merupakan fans lama Cardcaptor Sakura, tentu harga tersebut dirasa normal.

Seperti apa saja sih, menu yang tersedia? Yang jelas semuanya penuh tema dari Cardcaptor Sakura; “Clear Card” arc.

Seperti misalnya ‘Kero-chan Caramel Hot Milk ケロちゃんのキャラメルホットミル ’ alias susu karamel panas Kero-chan. Hidangan ini disajikan dengan sentuhan latte art khas Sakura yaitu logo sayap. Ada pula sepotong marshmallow berbentuk Kero-chan ikut disajikan (namun persediaannya terbatas).

Ada juga ‘Sakura Hanyaan Hotcakes さくらのはにゃーんホットケー ’ yang tinggi menjulang dengan hiasan buah, krim dan art card Sakura Kinomoto yang cakep.

Suppi-chan alias Spinel juga ikut dijadikan menu desserts. ‘Spinel Sun Wagashi Plate スッピーのこだわり和菓子プレー ’ terdiri dari kue kacang manis dorayaki, sate dango dan satu scoop es krim. Ini akan memuaskan fans Cardcaptor Sakura pecinta hidangan manis.

Minuman ‘normal’ juga tersedia tentunya, seperti cocktails non-alkohol yang diberi nama ‘Character Drink 『カードキャプターさくら』キャラクタードリン ’ & ‘Release Unsealing Drink さくらの「封印解除(レリーズ)!ドリン ’. Minuman ini juga akan dihiasi art card karakter serta Clear Card.

Untuk yang benar-benar berniat makan makanan ‘berat’, Cardcaptor Sakura Café menyediakan menu spesial ‘Kinomoto Family Breakfast-Fujitaka Version 木之本家の朝ごはん ~藤隆ver. ’ berupa roti sandwich daging ham dengan salad telur, semangkuk sup dan kacang-kacangan.

Atau kamu mau merasakan masakan seperti yang dibuat Sakura untuk Syaoran? Ada ‘Sakura in Full Bloom Syaoran Omurice 桜満開!小狼君との再会オムライス ’.

Tapi banyak fans yang setuju kalau menu yang satu ini paling menarik dan seru karena jadi satu-satunya menu yang bisa dibungkus untuk dibawa pulang, yaitu ‘Sakura mochi-flavored Cotton Candy ふわふわ桜餅のわたが alias Gulali rasa sakura-mochi’. Nah… Gulali ini memiliki rasa dan aroma seperti kue mochi. Tepatnya Gulali dengan rasa daun sakura asin, bubuk raspberry, serta apel dan buah persik kering. Gulali ini dibuat perusahaan cotton candy terkenal dari Kyoto Jepang, Jeremy & Jemimah, dan dijual dalam kotak khusus.

Tamu café juga akan mendapatkan merchandise seperti pembatas buku dan stiker untuk koleksi. Dan usahakan datang di Hari Valentine (10-14 February) dan Hari White Day (10-14 Maret) karena akan ada kejutan di hari tersebut.

Themed-café masih merupakan bisnis yang seksi untuk publisher IP terkenal untuk meraup keuntungan besar dari fans. Dan trend ini tidak akan berhenti karena market-nya akan selalu ada. Tapi memang hal wajar, karena buat fans, mengunjungi themed-café ataupun berbelanja merchandise suatu IP manga/anime adalah salah satu cara menghormati dan menghargai mangaka/publisher IP tersebut.

Dan karena siklus seperti inilah bisnis dan dunia entertainment Jepang terus sehat berputar sepanjang tahun.