Posted by WTIMES.ID about 1 week ago in MAKANAN SEHAT

8 Nutrisi Penting Untuk Kandungan Ibu Hamil, Agar Menjadi Bayi Super

Bagaimana kondisi kehamilan anda saat ini? Walau terasa mual dan menurunnya selera makan kerap mengganggu di trimester pertama, tapi anda tetap harus mengonsumsi asupan sehat, seperti buah-buahan, sayuran, serta susu ibu hamil. Sebab, ibu dan si Kecil membutuhkan nutrisi lengkap setiap harinya.

Kebutuhan gizi nutrisi ibu hamil wajib dicukupi karena kebutuhan ibu hamil harus bisa menutrisi janin yang ada di dalam kandungannya. Jangan sampai ibu hamil kekurangan nutrisi sebab jika sampai kekurangan nutrisi janin yang dikandungnya tidak sehat dan juga terkena komplikasi. Oleh sebab itu sangatlah penting bagi ibu hamil menjaga asupan nutrisinya.

Asupan nutrisi banyak didominasi oleh makanan. Jika ingin mencukupi kebutuhan nutrisi, ada baiknya menjaga jenis makanan yang akan dikonsumsinya. Mungkin hal ini akan sulit bagi ibu hamil yang mengalami masa ngidam. Namun yang namanya nutrisi haruslah dipaksakan. Agar kondisi ibu hamil tetap sehat dan terjaga. Mari kita mengenal lebih jauh tentang apa itu nutrisi.

Berikut ini makanan yang harus disantap ibu saat mengandung:
Nasi Merah
Nasi merah kaya akan serat, zat besi dan vitamin B. Di samping itu nasi merah juga rendah indeks glikemik dan membantu ibu hamil merasa kenyang lebih lama. Kelompok vitamin B diperlukan untuk kesehatan sistem saraf dan produksi sel-sel darah merah. Saat hamil, volume darah meningkat 40-40 persen.

Sayur Hijau
Sayuran berdaun hijau tua seperti bayam dan kangkung adalah sumber zat besi, serat, folat dan vitamin C. Kehamilan membuat ibu hamil kurang zat besi. Asupan sayur bayam akan membantu ibu mengatasi kekurangan zat besi. Di sisi lain, serat membantu ibu mencegah sembelit sementara vitamin C membantu penyerapan zat besi untuk ibu hamil. Sedangkan folat diperlukan untuk tumbuh kembang bayi di dalam rahim.

Minyak Ikan
Penting bagi ibu untuk memastikan mendapat asupan dua porsi ikan yang kaya akan asam lemak omega tiga. Asam lemak ini diperlukan untuk perkembangan mata dan sistem saraf bayi. Sumber asam lemak omega tiga ada pada ikan salmon. Kalau mahal, pilihlah ikan kembung.
Namun British Nutrition Foundation mengingatkan wanita hamil sebaiknya tidak berlebihan makan ikan karena dikhawatirkan mengandung polutan yang berbahaya buat bayi.

Ubi
Umbi yang satu ini enak disantap hanya dengan dibakar atau direbus. Ubi kaya akan antioksidan, vitamin B, C dan serat. Selain itu, ubi juga sumber karbohidrat yang sehat sehingga ibu jadi kenyang lebih lama. Kandungan seratnya diperlukan untuk mencegah sembelit.

Kacang-kacangan
Pada trimester pertama kehamilan, ibu hamil memerlukan tambahan protein seberat 60 gram per hari. Anda disarankan mengonsumsi kacang-kacangan karena makanan ini mengandung Protein yang dapat memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil. Konsumsilah kacang dengan kulit berwarna cokelat yang mengandung serat tinggi, untuk mengurangi risiko sembelit. Kacang-kacangan juga meningkatkan asupan Zat Besi. Perlu diperhatikan, makanlah kacang-kacangan tanpa digoreng atau dilapisi zat lain, untuk menghindari tingginya kalori dan lemak. Apabila anda bosan mengonsumsi kacang yang utuh, cobalah hancurkan kacang dan nikmati sebagai taburan di atas yoghurt.

Pisang
Buah ini mengandung potassium yang diperlukan untuk mengatasi penahanan cairan yang bikin kaki jadi bengkak dan kram saat hamil. Pisang juga mengandung serat dan gula yang dirilis perlahan sehingga membuat ibu kenyang lebih lama. Seratnya bagus untuk mencegah sembelit. Jadikan pisang sebagai camilan menyehatkan buat ibu hamil.

Kiwi
Kiwi adalah buah dengan kandungan vitamin C lebih tinggi dari buah jeruk. Buah kiwi juga kaya akan antioksidan dan folat. Keduanya diperlukan untuk perkembangan bayi.

Telur
Selain mengandung protein, telur juga merupakan sumber vitamin D bagi ibu hamil, sama seperti manfaat susu ibu hamil. Bersamaan dengan kalsium, vitamin D membentuk tulang bagi bayi dan mempertahankan kepadatan tulang ibu hamil. Mum bisa mengonsumsi telur sebagai lauk atau dibuat omelet dengan tambahan sayuran sebagai menu kaya nutrisi ibu hamil.

Tentunya cukup sulit bagi Anda untuk mendapatkan nutrisi yang lengkap dalam sebuah menu makanan. Memesan di rumah makan, apakah anda yakin akan kebutuhan nutrisi anda serta janin anda? membuat nya sendiri, tentu akan membuat anda repot ditengah kondisi tubuh berbadan dua seperti saat ini.

Pemenuhi kebutuhan gizi seimbang anda dengan mengonsumsi makanan-makanan lezat dan bergizi khusus untuk ibu hamil melalui katering sehat Gorry Gourmet, dan dapatkan kandungan makanan yang tepat untuk anda yang pastinya telah lulus teruji klinis melalui tim nutrisionist.

Product Related