Posted by WTIMES.ID about 1 year ago in DIET

Mengenal Diet Rendah Karbohidrat, Bagi Anda Yang Mendambakan Berat Badan Ideal

Karbohidrat, mendengar namanya saja sudah bilang "lebih baik dikurangi", "jangan sering-sering", "nanti diabetes loh", dan lain-lain. Lantas, apakah yang membuat karbohidrat begitu tidak enak di telinga orang-orang walaupun sedap untuk dicicipi?

Diet rendah karbohidrat sebenarnya bukan berarti tidak mengkonsumsi karbohidrat sama sekali, melainkan membatasi asupannya hingga hanya 20 – 60 gram sehari. Karbohidrat yang tidak diikutsertakan dalam diet ini adalah karbohidrat sederhana (gula pasir dan produknya) dan karbohidrat kompleks sumber zat tepung seperti nasi, kentang, gandum, sayuran umbi, tepung serta produk-produknya. Sedangkan karbohidrat kompleks sumber serat yang tidak mengandung zat tepung, seperti sayur berdaun hijau, buah, jamur dan kacang-kacangan, masih diikutsertakan dalam jumlah terbatas.

Jika Anda menerapkan diet ini, bahan makanan sumber protein hewani tentu akan mendominasi hari-hari Anda, mulai dari ikan, ayam, daging sapi, telur dan sebagainya. Selain memperhatikan komposisi protein dan karbohidrat, kandungan lemak juga perlu diperhatikan karena lemak yang melekat pada bagian protein hewani mengandung tinggi lemak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Pemilihan bahan makanan dan cara pengolahan makanan juga tidak kalah penting untuk diperhatikan untuk meminimalisir karbohidrat, sodium dan lemak jahat tersembunyi.

Lalu, apa manfaat dari diet rendah karbohidrat ini?

Manfaat utama dan paling umum dari diet ini adalah penurunan berat badan. Menerapkan diet rendah karbohidrat dengan seksama akan memangkas asupan karbohidrat yang seringkali dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Tak hanya itu, asupan “kalori tersembunyi” dari gula dan tepung juga akan terpangkas. Jadi, menerapkan diet rendah karbohidrat akan melatih kontrol diri yang baik akan karbohidrat, khususnya karbohidrat yang kurang baik.

Untuk urusan perut, Anda juga tidak perlu khawatir akan kelaparan karena tidak mengkonsumsi nasi atau karbohidrat lainnya. Rasa lapar justru dapat dikurangi karena protein memberikan rasa kenyang yang juga tahan lama.

Selain untuk menurunkan berat badan, diet rendah karbohidrat juga bisa diterapkan oleh mereka yang juga ingin mengurangi risiko diabetes mellitus tipe 2. Dengan rendahnya asupan karbohidrat, termasuk karbohidrat sederhana dan olahan, maka gula darah serta insulin dalam tubuh dapat terkendali dengan lebih baik.

Tak hanya itu, terkontrolnya gula darah juga berkontribusi bagi pengendalian asupan makan, lho! Gula darah yang stabil dapat menjaga rasa kenyang lebih lama, dan sebaliknya, gula darah yang meningkat atau menurun secara drastis (biasanya terjadi akibat asupan tinggi gula) justru membuat tubuh menginginkan asupan yang lebih banyak.

Di samping alasan kesehatan dan berat badan, tak jarang juga seseorang menerapkan diet rendah karbohidrat karena ingin merubah pola makan secara keseluruhan atau karena lebih menyukai jenis-jenis makanan yang ada dalam diet ini.

Gorry Gourmet menawarkan berbagai makanan lezat untuk disantap selagi melakukan diet. Berbeda dari diet mayo dan makanan untuk diet lainnya, Gorry Gourmet menggunakan berbagai bahan pilihan dan bumbu yang diawasi secara ketat penggunaannya oleh tim ahli gizi Gorry Gourmet. Menu-menu yang disajikan pun bervariasi: asian, western, italian dan juga berbagai menu kreasi dari chef Gorry Gourmet yang handal.

Product Related