Posted by WTIMES.ID about 8 months ago in KECANTIKAN

Pedoman Sehat Wanita Usia 50an

Seiring dengan pertambahan usia, tubuh mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan. Mulai dari fungsi otot dan ingatan yang menurun, kulit jadi keriput, hingga susah menahan kencing. Perubahan fisik akan sangat terlihat terutama pada wanita usia 50 tahun ke atas yang telah mengalami menopause.

Tenang saja, para ahli menyatakan bahwa Anda tetap bisa sehat dan bugar di usia yang tak lagi muda dengan menerapkan gaya hidup sehat sehari-harinya.

1. Jangan sepelekan kalsium dan vitamin D

Berbagai perubahan yang terjadi, terutama pada lambung dan hormon, membuat penyerapan kalsium dan vitamin D akan semakin berkurang yang biasanya mulai terjadi di usia 40 tahun. Terutama bagi wanita, penelitian membuktikan bahwa menopause meningkatkan risiko osteoporosis akibat berkurangnya kadar estrogen di dalam tubuh. Tulang pun akan lebih mudah rusak dan patah.

Untuk itu, usahakan untuk mencukupi asupan kalsium dan vitamin dari makanan. Anda bisa mengonsumsi berbagai makanan seperti sarden, bayam, brokoli, produk susu rendah lemak, dan juga suplemen jika memang dibutuhkan. Namun, sebelum mengonsumsi suplemen pastikan untuk mendiskusikannya dulu ke dokter untuk mengetahui dosis yang Anda butuhkan dan amankah dikonsumsi mengacu pada kondisi kesehatan Anda.

2. Tambah asupan vitamin B12

Vitamin B12 memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti membantu memproduksi sel darah merah sehat yang diperlukan untuk pembentukan DNA. Selain itu, vitamin B12 juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan otak yang biasanya akan menurun seiring dengan pertambahan usia. Vitamin B12 bisa ditemukan dalam berbagai makanan seperti daging ikan, hati sapi, dan juga telur.

Sayangnya, seiring dengan pertambahan usia, asam lambung akan semakin berkurang sehingga tubuh kesulitan mencerna berbagai nutrisi termasuk vitamin B12. Karena wanita usia 50 tahun ke atas rentan mengalami kekurangan vitamin B12, Anda mungkin membutuhkan suplemen dari dokter.

3. Coba diet mediterania

termasuk pola makan yang dianggap paling sehat. Pasalnya, pola makan ini kaya akan sayuran, buah, kacang-kacangan, ikan, biji-bijian, dan lemak tak jenuh. Selain itu, diet ini juga mengharuskan Anda mengurangi konsumsi daging merah dan produk susu. Untuk wanita usia 50 tahun ke atas, diet jenis ini akan membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Diet mediterania tidak membatasi jumlah kalori dan lemak yang harus dikonsumsi setiap harinya. Hanya saja, Anda dianjurkan untuk mengganti sumber makanan dari yang kurang sehat ke yang lebih menyehatkan. Misalnya jika Anda terbiasa memakan camilan manis kaya gula, maka dalam diet ini Anda disarankan untuk menggantinya dengan kacang-kacangan sehat yang lebih kaya akan protein dan lemak sehat.

4. Perhatikan asupan zat besi

Umumnya wanita akan mengalami menopause saat memasuki usia 50 tahun. Saat menopause, kebutuhan zat besi menurun karena tubuh tidak perlu lagi menggantikan zat satu ini yang biasanya dikeluarkan setiap bulan melalui darah haid.

Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan ke dokter mengenai jumlah zat besi yang perlu Anda konsumsi setiap harinya. Pasalnya, kelebihan zat besi juga tidak bermanfaat bagi kesehatan. Anda malah berisiko mengalami keracunan karena tubuh tidak memiliki cara untuk mengeluarkan zat besi yang berlebih.

source

Post Tags:

wanita kecantikan