Posted by WTIMES.ID about 2 months ago in MAKANAN SEHAT

Susu Sapi Penuhi Kebutuhan Nutrisi Harian

Sudah bukan rahasia lagi kalau susu sapi adalah sumber pangan yang sehat dan bergizi. Susu memang mengandung beragam jenis zat gizi yang diperlukan tubuh manusia. Namun, seberapa besar sebetulnya peran susu sapi dalam kesehatan dan kecukupan gizi Anda? Apa bisa menggantikan makanan sehari-hari dengan susu sapi untuk memenuhi kebutuhan gizi harian? Yuk, simak penjelasannya menurut pakar ilmu gizi di bawah ini.
Apa saja kandungan gizi susu sapi?

Susu sapi mengandung macam-macam zat gizi. Di antaranya adalah kalori, protein, karbohidrat, asam folat, vitamin, mineral seperti kalsium, dan lemak. Menurut seorang pakar ilmu gizi Dr. Matthew Lantz Blaylock, Ph.D. ketika ditemui di Jakarta Selatan pada Jumat (14/09) lalu, susu sapi bahkan sering didaulat sebagai “makanan alami yang hampir sempurna.”

Akan tetapi, kandungan gizi dari setiap susu sapi berbeda-beda, tergantung dari kualitas sapi penghasil susu, proses pengolahan, dan cara penyajiannya. Dr. Matthew Lantz Blaylock, Ph.D. mengatakan bahwa susu sapi yang kandungan gizinya paling tinggi dan baik itu adalah susu segar, yang tidak ditambahkan bahan apa pun seperti stabilizer atau pemanis buatan.
Jadi bisakah memenuhi kebutuhan gizi harian dengan susu sapi?

Meskipun susu termasuk bahan pangan yang padat nutrisi, menurut Dr. Matthew susu sapi tidak bisa menggantikan jenis makanan atau minuman lain untuk memenuhi kebutuhan gizi harian manusia. “Susu hanya bisa memenuhi sebagian kebutuhan gizi harian kita. Jadi sebaiknya jangan minum susu saja untuk menggantikan sumber pangan lainnya. Susu tidak bisa dijadikan makanan utama,” ungkap Dr. Matthew.

Lebih jauh, Dr. Matthew menjelaskan bahwa susu memang menjadi bagian penting dalam pola makan sehat dan gizi seimbang, tapi tidak tepat kalau susu diandalkan untuk mengganti makanan seperti sayur dan buah.

Bahkan tiga gelas susu sapi pun belum mampu memenuhi kebutuhan protein dan kalsium harian anak dan orang dewasa. “Segelas susu sapi hanya mengandung sekitar 30 persen dari kebutuhan kalsium harian kita. Sedangkan kandungan protein dalam segelas susu hanya sekitar 8 gram, masih jauh dari kebutuhan protein kita,” papar Dr. Matthew.

Singkatnya, susu sapi tidak bisa menggantikan makanan lainnya untuk memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari manusia. Anda tetap harus mengacu pada Pedoman Gizi Seimbang oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes), yaitu konsumsilah makanan yang beragam setiap harinya.

Melansir dari Kemenkes, tidak ada satupun jenis makanan yang mengandung semua jenis zat gizi yang dibutuhkan tubuh untuk menjamin pertumbuhan dan mempertahankan kesehatannya. Ini termasuk susu sapi. Susu sapi mungkin kaya kalsium, tapi rendah vitamin C dan serat. Susu sapi juga memang mengandung protein, tapi jumlahnya hanya sedikit.

Itulah mengapa Anda tetap membutuhkan nutrisi dari bahan pangan lain untuk melengkapi asupan nutrisi dengan makan beragam jenis makanan.

source

Post Tags:

sususapi