Posted by WTIMES.ID about 1 month ago in MAKANAN SEHAT

Ibu Hamil Wajib Tahu Nutrisi Penting Ini

Waktu kehamilan dan menyusui merupaka dua fase terpenting bagi seorang ibu untuk mendapatkan nutrisi untuk tubuh. Tak hanya untuk kebutuhan tubuh ibu hamil dan menyusui, nutrisi tersebut juga baik untuk perkembangan janin dan bayi. Kekurangan nutrisi dari makanan tersebut bisa berdampak pada perkembangan janin, pertumbuhan si kecil, dan kesehatan sang ibu.

Untuk itulah, pada masa kehamilan dan menyusui, penting untuk ibu hamil dan menyusui untuk mendapatkan nutrisi penting untuk tubuh dengan menjalani diet sehat dan seimbang. Ibu hamil dan menyusui wajib mendapatkan nutrisi alami seperti:

1. Kalsium, Nutrisi Penguat Tulang Ibu, Bayi dan Janin

Seperti yang banyak diketahui, kalsium adalah zat yang dibutuhkan tubuh untuk menciptakan tulang yang kuat dan pembentukan sel-sel organ tubuh pada bayi, janin, dan ibu. Itulah alasannya banyak praktisi dan ilmuwan yang menganjurkan untuk setiap ibu hamil dan menyusui untuk minum susu. Setiap ibu hamil dan menyusui wajib mencukup minimal 1000 mg kalsium per hari.

2. Karbohidrat & Serat, Nutrisi Sebagai Sumber Energi Untuk Beraktivitas

Banyak rumor menyebutkan bahwa ibu hamil dan menyusui harus mengurangi asupan karbohidrat karena akan berpengaruh pada bentuk dan berat badan. Sayangnya, ini hanyalah rumor belaka. Justru, karbohidrat dibutuhkan untuk menjamin energi si ibu dan mendukung perkembangan bayi dan janin. Untuk nutrisi yang lebih maksimal, carilah sumber karbohidrat yang juga kaya akan serat.

3. Asam Folat (Folic Acid), Nutrisi yang Dibutuhkan Untuk Perkembangan Otak

Jika ibu ingin mempunyai keturunan dengan perkembangan otak yang baik, asam folat wajib menjadi nutrisi yang diberikan pada janin dan bayi. Selain itu, asam folat menjamin terbentuknya struktur saraf yang baik di dalam tubuh janin dan bayi. Jumlah sel darah putih dan merah dari tubuh janin dan bayi juga bisa seimbang dengan asupan asam folat. Setiap hari, ibu mesti mencukupi 0.4 miligram asam folat.

4. Lemak Sehat, Cadangan Energi yang Bantu Perkembangan Tubuh Janin dan Bayi
Lemak sehat bisa diartikan sebagai lemak tak jenuh. Setiap ibu hamil dan menyusui wajib memberikan asupan nutrisi lemak sehat sebagai cadangan energi untuk pertumbuhan janin dan bayi. Selain itu, lemak sehat juga baik untuk pertumbuhan otak dan sistem saraf janin dan bayi. Namun, konsumsi lemak ini perlu dibatasi dan disikapi dengan bijak agar tidak menyebabkan obesitas pada bayi dan si ibu.

5. Mineral (Yodium & Zat Besi), Zat yang Jaga Keseimbangan Tubuh
Dalam tubuh ibu dan bayi, terdapat sebuah kelenjar yang gunanya untuk menjaga keseimbangan tubuh, yaitu kelenjar tiroid. Untuk menjaga kesehatan kelenjar tiroid ini, perlu adanya asupan Yodium yang cukup. Asupan Yodium yang cukup dapat membantu tubuh memproduksi hormon yang mendukung perrtumbuhan otak bayi.

Selain itu, zat besi juga dibutuhkan untuk mencegah janin, bayi, atau ibu mengalami anemia saat hamil dan menyusui. Selain itu, zat besi juga dapat menstimulasi produksi ASI yang lebih maksimal.

6. Vitamin (A, B6, B12, C, dan D), Nutrisi Pelengkap Untuk Perkuat Tubuh
Tak hanya tubuh si ibu, janin dan bayi juga membutuhkan vitamin pendukung untuk mendukung pertumbuhannya. Vitamin memegang peranan penting dalam menguatkan sistem imun tubuh, menyehatkan pencernaan, dan membantu mendukung pertumbuhan tubuh janin, bayi dan ibu.

source