Posted by WTIMES.ID about 9 months ago in MAKANAN SEHAT

Makanan yang Bisa Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil & Menyusui

Setelah mengetahui begitu banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan menyusui di atas, kamu tentu kebingungan makanan apa yang harus dikonsumsi. Sebenarnya, banyak rekomendasi makanan yang bisa dikonsumsi untuk ibu hamil dan menyusui untuk mendukung kesehatan janin, bayi, dan ibu.

Untuk itu, cobalah beberapa rekomendasi berikut ini:

1. Granola & Muesli, Sumber Karbohidrat dan Serat yang Baik Untuk Menutrisi Tubuh

Untuk mencukupi nutrisi karbohidrat dan serat bagi ibu hamil dan menyusui, granola & muesli bisa menjadi pilihan yang pas. Dibuat dari gandum utuh yang banyak mengandung karbohidrat dan serat pangan, granola & muesli bisa mencukupi energi untuk beraktivitas sehari-hari. Selain itu, kandungan buah kering yang terdapat dalam kedua makanan ini mampu memberikan asupan vitamin yang bantu jaga daya tahan tubuh ibu hamil dan menyusui.

2. Susu Nabati (Almond, Kedelai, ataupun Kacang Mede), Untuk Cukupi Kebutuhan Nutrisi Kalsium

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ibu hamil dan menyusui wajib cukupi kebutuhan kalsium untuk kesehatan tubuh. Pilihannya memang banyak merekomendasikan susu sapi sebagai pilihan utama, namun susu nabati (plant-based milk) juga bisa menjadi pilihan yang seimbang. Dengan kandungan alami dari kacang almond, beras, kacang mede, ataupun kacang kedelai, susu nabati punya nutrisi yang serupa dengan susu sapi. Plus, susu nabati bebas laktosa yang umumnya ditemukan di susu hewani.

3. Salmon, Superfood dari Ikan yang Tingkatkan Nutrisi Untuk Otak

Diantara banyak jenis ikan yang bisa dikonsumsi oleh manusia, salmon menjadi salah satu superfood yang sangat recommended untuk dikonsumsi ibu hamil dan menyusui. Salmon kaya akan protein, magnesium, zat besi, vitamin, dan antioksidan yang bantu pertumbuhan janin dan bayi, khususnya pertumbuhan otak. Tak hanya itu, vitamin dalam salmon juga dipercaya mampu memperlancar ASI ketika masa menyusui. Sebagai catatan, hindari mengonsumsi salmon dalam bentuk mentah untuk menghindari pertumbuhan bakteri dari daging ikan.

4. Yogurt & Parfait, Snack Creamy yang Bantu Cukupi Nutrisi Kalsium dan Probiotik

Yogurt dan parfait bisa menjadi contoh snack atau cemilan sehat yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Dibuat dengan susu segar, yogurt dan parfait dapat menjadi pilihan jika si ibu bosan untuk mengonsumsi susu untuk cukupi kalsium, vitamin, dan mineral. Khusus dua jenis cemilan ini, terdapat probiotik yang bantu sehatkan pencernaan untuk maksimalkan penyerapan nutrisi oleh tubuh.

5. Telur Rebus Matang, Pilihan Sarapan dan Cemilan Sehat Untuk Ibu Hamil & Menyusui

Untuk pilihan cemilan dan sarapan sehat yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan menyusui, telur rebus matang bisa menjadi pilihan yang sehat, khusunya untuk ibu hamil. Kandungan kolin (choline) dalam kuning telur bagus untuk pertumbuhan otak janin sementara protein dalam putih telur memastikan pembentukan sel tubuh janin bisa terjadi dengan baik. Biar begitu, pastikan kamu mengonsumsinya dalam jumlah cukup dan seimbang untuk menghindari naiknya angka kolesterol akibat kuning telur.
sebenarnya masih banyak lagi nutrisi dan makanan wajib yang bisa dikonsumsi.

Beberapa contoh diatas merupakan pilihan dari beragam sumber yang diketahui punya efek langsung bagi janin, bayi, dan ibu hamil & menyusui.

source

Post Tags:

makanansehat ibuhamil