Posted by WTIMES.ID about 1 month ago in MAKANAN SEHAT

Terlalu Sering Minum-Minuman Manis Picu Gagal Jantung

Minum minuman ringan dengan pemanis tambahan memang menyegarkan daripada air putih saja. Tapi sebuah penelitian menemukan, mereka yang minum dua atau lebih gelas soda sehari memiliki risiko gagal jantung yang lebih besar.

Seperti dilansir dari Indiatimes, Senin (9/11/2015), penelitian sebelumnya juga telah mengaitkan konsumsi minuman dengan pemanis tambahan, dengan beberapa faktor risiko untuk gagal jantung, termasuk tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, berat badan berlebih, diabetes, dan obesitas.

Peneliti Susanna Larsson dan kawan-kawan, dari Karolinska Institute di Stockholm, mengonfirmasi hubungan tersebut, dengan mengikuti sekitar 42.000 orang selama rata-rata hampir 12 tahun. Peneliti menanyakan kepada peserta jumlah minuman ringan yang mereka minum per hari atau per minggu.

Pria yang minum lebih dari dua minuman ringan per hari memiliki risiko 23 persen lebih besar terkena gagal jantung, selama studi daripada pria yang tidak mengonsumsi minuman tersebut.

"Studi ini memperingatkan kita untuk mengurangi konsumsi minuman ringan harian kita," tambahnya.

Meskipun studi ini dilakukan pada pria, wanita juga harus waspada terhadap kebiasaan minum minuman dengan pemanis buatan. "Konsumsi minuman manis telah dikaitkan dengan tekanan darah, konsentrasi insulin, pertambahan berat badan, dan diabetes tipe 2 pada wanita," kata Larsson.

Lebih dari 23 juta orang di seluruh dunia mengalami gagal jantung, yang terjadi ketika jantung tidak cukup kuat untuk memompa cukup darah, dan oksigen ke seluruh tubuh. Prevalensi kondisi ini meningkat karena sebagian konsumsi soda dan minuman manis lainnya, Larsson dan rekan mencatat dalam jurnal Heart.
(ren)