Posted by WTIMES.ID about 1 year ago in KONSULTASI

Bahayakah Minum Obat Dengan Kopi?

Interaksi antara obat dan makanan sangat kompleks karena zat yang terkandung dalam obat dengan makanan yang dikonsumsi bisa bertolak belakang, atau bisa juga mendukung efektivitas obat tersebut. Contohnya, mengonsumsi vitamin C yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi sehingga muncul tradisi meminum anggur merah (red wine) ketika memakan steak, sedangkan di sisi lain konsumsi kalsium akan menghambat penyerapan zat besi.

Obat berfungsi untuk mencegah atau mengobati suatu penyakit. Salah satunya antibiotik yang sering diresepkan kepada pasien setelah berobat ke dokter. Antibiotik dapat berfungsi dengan baik dalam tubuh apabila kita membaca dan mengikuti aturan pemakaian. Aturan ini sering kali dilanggar dengan mengonsumsi antibiotik bersama dengan kopi, teh, susu, soda, maupun minuman beralkohol.

Hal ini tidak dianjurkan karena didalam minuman tersebut terdapat beberapa zat yang bisa mempengaruhi efektifitas obat dalam tubuh, seperti kafein. Kafein dapat mempengaruhi penyerapan obat dalam tubuh, menyebabkan perubahan ikatan protein, mempengaruhi metabolisme, dan dapat mempengaruhi daya kerja ginjal.

Aturan umumnya adalah untuk mengonsumsi minuman-minuman selain air putih minimal 1 jam sebelum makan, atau 2 jam setelah mengonsumsi obat-obatan untuk mencegah reaksi kimia yang tidak diinginkan. Sebaiknya Anda juga berkonsultasi kepada dokter Anda untuk rekomendasi lebih lanjut.