Posted by Adminn about 3 months ago in MAKANAN SEHAT

Konsumsi Makanan Ini Untuk Kurangi Asam Lambung

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) atau dalam masyarakat dikenal dengan maag atau peningkatan asam lambung merupakan kondisi kronis yang terjadi pada saluran pencernaan karena meningkatnya asam lambung. Asam lambung yang berlebih ini kemudian menuju esofagus dan menimbulkan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada. Esophagus adalah bagian dari saluran pencernaan antara rongga mulut dan lambung. GERD lebih sering terjadi pada pria dibandingkan pada wanita. Terdapat  25% orang dewasa yang menderita GERD mengalami gejala sensasi terbakar di dada atau yang biasa disebut heartburn.

Apakah penyebab GERD?

Sebelum kita memahami lebih dalam mengenai penyakit asam lambung ini, mari kita pahami dulu hubungan antara esophagus dengan lambung. Ketika kita makan, makanan tersebut melalui esophagus menuju rongga lambung. Normalnya ketika makanan sudah masuk ke dalam lambung, makanan tersebut tidak dapat kembali lagi ke esophagus ataupun rongga mulut. Dengan bantuan asam lambung dan zat lainnya, makanan tersebut dicerna oleh lambung kita. Namun ternyata tidak demikian bagi penderita GERD/penyakit lambung. Pada penderita GERD, asam lambung dengan atau tanpa makanan dapat berbalik kembali menuju esophagus dan menimbulkan sensasi terbakar di rongga dada.

Apakah makanan yang dapat menurunkan kadar asam lambung?

Makanan yang dikonsumsi dapat mempengaruhi jumlah asam yang diproduksi oleh perut. Mengkonsumsi makanan yang tepat merupakan kunci agar dapat mengendalikan asam lambung. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat membantu mengurangi gejala karena peningkatan asam lambung:

Sayuran   

Sayuran secara alami memiliki kandungan rendah lemak dan gula sehingga dapat mengurangi asam lambung. Pilihan sayuran yang dapat dikonsumsi adalah kacang hijau, brokoli, kembang kol, sayuran hijau, kentang, dan mentimun.

Jahe   

Jahe memiliki fungsi sebagai anti inflamasi alami sehingga dapat menjadi terapi alami untuk mengatasi rasa panas dalam perut dan masalah pencernaan lainnya.   

Oatmeal  

Gandum utuh yang juga merupakan sumber serat dapat menyerap asam di perut dan mengurangi gejala GERD. Pilihan serat yang lain adalah roti gandum.  

Buah yang tidak mengandung citrus

Beberapa buah yang dapat dikonsumsi bagi orang yg terkena GERD adalah melon, pisang, apel, dan pear.

Daging tanpa lemak   

Daging yang dapat membantu mengurangi gejala GERD adalah ayam, kalkun, ikan, dan makanan laut. Olah daging tersebut dengan di panggang, bakar atau rebus.   

Putih telur

Putih telur merupakan pilihan yang lebih baik dari kuning telur. Kuning telur dapat memicu gejala GERD dan tinggi lemak.

Lemak sehat

Makanan yang merupakan sumber lemak sehat adalah seperti alpukat, kenari, minyak zaitun, dan minyak wijen. Mengurangi asupan lemak jenuh dan lemak trans dapat membantu tubuh menjadi lebih sehat.